Gaya Hidup

Rekomendasi Tempat Wisata Prasejarah di Indonesia

Jumat, 22 Januari 2021 - 07:36
Rekomendasi Tempat Wisata Prasejarah di Indonesia Museum purbakala Sangiran. (foto: sejarahlengkap)

TIMES BANJARBARU, JAKARTA – Indonesia memiliki tempat wisata prasejarah. Di lokasi wisata ini tergambar bagaimana peradaban manusia masa lampau. 

Jika biasanya Anda tahu di buku atau hasil pencarian di internet, tak ada salahnya jika langsung datang dan melihat dengan mata kepala sendiri. 

Berikut rekomendasi tempat wisata prasejarah di Indonesia

1. Leang-Leang

Situs Prasejarah

Leang-Leang terletak di Maros, Sulawesi Tengah. Lokasinya tak jauh dari pegunungan karst terbesar di Indonesia. 

Di sini banyak terdapat gua prasejarah yang meninggalkan jejak masa lalu manusia di zaman purba. Pettae Kere, salah satu nama leang atau gua di taman ini yang terdapat 27 gambar telapak tangan pada dinding gua dan perkakas pada zaman dulu yang menyerupai alat serpih bilah dan mata panah.

2. Sangiran

Situs Prasejarah b

Sangiran di Jawa Tengat, tepatnya terletak di dua Kabupaten yaitu Sragen dan Karanganyar, atau sebelah utara Kota Solo. 

Tempat ini telah dimasukkan dalam situs prasejarah penting dunia oleh Unesco pada 1996 silam. Di situs ini, terdapat pula museum yang menyimpan fosil berjumlah kurang lebih 14.000 item. Selain fosil, terdapat pula artefak, dan peraga yang dapat dilihat oleh setiap pengunjung.

Ada juga ruang pamer yang memutar film pendek tentang pembentukan alam semesta hingga pembentukan kepulauan di Indonesia. 

3. Gunung Padang

Situs Prasejarah c

Gunung sekaligus situs prasejarah ini terletak di Cianjur Jawa Barat. Warga setempat mengkeramatkan lokasi ini, karena dianggap sebagai tempat Prabu Siliwangi membangun istana dalam semalam.

Di Gunung Padang terdapat batu andesit, karena peninggalan prasejarah di gunung ini memang pada periode megalitikum atau zaman batu. 

Penelitian menyebutkan, Gunung Padang lebih tua dibanding Piramida Giza di Mesir. Bentuk Gunung Padang juga menyerupai Piramida Giza. Maka banyak orang percaya bahwa situs ini punya keterikatan dengan Piramida Giza di Mesir. 

4. Patiayam

Situs Prasejarah d

Situs patiayam terletak di Kudus Jawa Tengah. Situs Patiayam, di nilai paling lengkap karena keberadaan fosil manusia purba, fauna vetebrata, dan invetebrata, hingga alat-alat yang terbuat dari batu, yang diyakini adalah hasil budaya manusia purba. Di tahun 2005, situs prasejarah ini masuk kedalam cagar budaya Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah.

5. Gua Harimau

Situs Prasejarah e

Gua Harimau terletak di Lahat, Sumatera Utara. Di situs ini, pengunjung dapat melihat lukisan cadas yang berada pada langit-langit gua, pemakaman kuno manusia dari ras Austronesia, dan kerangka hewan seperti ikan, harimau, gajah, kera, yang di yakini sebagai hasil buruan manusia pada zaman purba.

Hingga saat ini, situs prasejarah Gua Harimau masih dilakukan penilitian oleh para ahli arkeologi mengingat, pada tahun 2014 masih didapati serpihat batu obsidian, alat penipis, dan alat tumbuk. (*)

Pewarta : Tria Adha
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banjarbaru just now

Welcome to TIMES Banjarbaru

TIMES Banjarbaru is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.