Berita

Sejarah Hari Ini: 15 Juni, Piagam Magna Carta dan Lahirnya Pengakuan HAM

Selasa, 15 Juni 2021 - 16:10
Sejarah Hari Ini: 15 Juni, Piagam Magna Carta dan Lahirnya Pengakuan HAM Piagam Magna Charta.

TIMES BANJARBARU, JAKARTASejarah hari ini akan membahas Magna Carta (Piagam Perjanjian Besar) yang disahkan pada 15 Juni 1215 oleh Raja John dari Inggris. Magna Carta menjadi sejarah yang penting dalam pengakuan akan hak asasi manusia, karena menyiratkan ada hukum yang harus dipatuhi raja.

Magna Carta merupakan piagam yang berisi klausul yang membatasi kekuasaan seorang raja. Dalam piagam tersebut disebutkan, jika raja harus menghormati dan menjunjung prosedur legal juga hak setiap manusia.

Sebelum Magna Carta, hukum-hukum di Eropa, hingga abad Pertengahan, dibuat oleh raja menurut kebijaksanaannya sendiri, kecuali hukum yang dimaklumatkan di dalam Gereja.
Raja dapat menciptakan hukum sesuai kehendaknya.

Karena itu, Magna Carta juga disebut sebagai kesepakatan yang pertama dalam menuju hukum konstitusi. Hal ini membuat Magna Carta juga disebut sebagai tonggak utama munculnya pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia.

Munculya Magna Carta diawali dengan sebuah pemberontakan di Inggris. Ketika itu, Raja John (1167-1216) membuat banyak keputusan yang kontrovesial termasuk memungut pajak, dan menjual beberapa kantor gereja untuk mengisi kas kerajaan.

Kondisi ini memunculkan pemberonakan pada tahun 1215 dari para bangsawan Inggris untuk melawan penyalahgunaan feodal raja dan hukum. Para bangsawan ini menggalan kekuaan dan menuntut perubahan sistem pembayaran pajak, dan kebijakan pemerintahan lainnya yang dirasa menyengsarakan seluruh rakyat Inggris.

Pada 15 Juni 1215, Raja John "takluk" dan bersedia menandatangi piagam berisi 63 tuntutan yang memuat hak-hak yang harus diberikan untuk “memerdekakan manusia”.

Magna Carta masih diakui sebagai landasan sistem hukum Inggris, dan banyak tempat lainnya di dunia, termasuk Amerika Utara. Piagam ini memberikan banyak hak yang melindungi individu.  (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banjarbaru just now

Welcome to TIMES Banjarbaru

TIMES Banjarbaru is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.